Seleksi Alam

Guru Biologi gue sering banget menyangkutkan pelajaran Biologi dengan nilai moral sehari-hari. Pertama kali sih gue males dengernya. Tapi setelah dipikir-pikir, gue malah dapet banyak pelajaran dari situ.

Yang paling gue favoritin adalah perumpamaan tentang seleksi alam. Sebut aja kita sebagai binatang, temen-temen kita sebagai saingan kita, dan naik kelas itu adalah salah satu bentuk seleksi alam. Kita harus berjuang demi kelangsungan hidup kita. Nah, gimana cara kita biar ikut terseleksi? Ya dengan berjuang dapet nilai bagus, saingan sama temen-temen kita. Kalo kita nggak bisa dapet nilai bagus, kita tereliminasi dan akhirnya kita nggak dapet apa-apa..

Guru itu emang paling jago bikin filosofi. Menurut gue, lebih banyak pelajaran moral yang dikasih daripada ilmu pengetahuan. Mungkin karena mereka juga udah lama menjalani hidup di dunia yang penuh warna ini yah.. Dulu waktu gue SD dan SMP gue nggak begitu merhatiin karena gue belum ngerti apa-apa. Tapi sekarang ini, gue udah bisa mengambil poin penting yang tersirat disitu, dan akan selalu gue ingat-ingat.

Oiya, gue juga punya satu quote yang bagus (walaupun yang punya quote ini adalah guru yang paling nyebelin): Orang yang tidak bisa mengendalikan emosi berarti orang bodoh, karena mereka tidak tau bagaimana menyelesaikan masalah mereka.


PS. Pak PT, saya cuma suka sama quote anda, bukan sama anda.

Comments

Popular posts from this blog

I'm in Korea. Of course, South Korea!

Road of Life

A Philosophy About Love and Flower