Makanan Khas Salatiga

You know what's that? 
Yep.. itu adalah ampyang, nama lainnya gula kacang. Namanya gula kacang, pasti dibikinnya dari gula dan kacang. Gulanya adalah gula aren/gula merah. Sebenernya, ampyang yang sering dijual ditoko-toko itu bukan kayak gini bentuknya, bentuknya udah di cetak satu-satu gitu, jadi bukan remukan kayak gini. Gue juga baru liat pertama kali ampyang yang model begini :p

Jadi ceritanya, Sabtu yang lalu, setelah selesai UTS gue dan temen-temen mau on the way pulang.. Pas lagi jalan sambil ngobrol-ngobrol, gue melihat ada seorang ibu paruh baya di deket gerbang yang membawa seonggrok keranjang berisi kacang dengan gula aren itu. Pertamanya, gue gatau kalo itu ampyang, soalnya bentuknya ga pernah gue liat. Tapi, akhirnya temen-temen pada menghampiri ibu itu dan membeli, dan ternyata itu memang ampyang (versi tradisional) ._.

Kalo misalnya kalian lagi jalan-jalan diseputaran Semarang-Salatiga dan menemukan ampyang tradisional ini, silahkan coba! Ampyang tradisional ini menurut gue lebih enak karena gula arennya ga begitu manis, a little bit bitter. Tapi, tidak direkomendasikan buat para pengguna behel ya, karena ampyang ini lengket banget, bakal susah dibersihinnya. Gue kemaren makan begituan dijalan sambil melet-melet bersihin gula aren yang nempel -_______- buat para pengguna behel, lebih baik makan ampyang yang udah dicetak, itu teksturnya lebih keras, walaupun tetep agak lunak. Carinya dimana? Gampang, di toko oleh-oleh khas Salatiga, atau di pasar, pasti banyak dijual..

Selamat mencoba! :)

Comments

  1. waw baru tau kalo ampyang makanan khas salatiga haha jadi pengen cepet2 balik salatiga :D

    ReplyDelete
  2. wah.. aku juga baru tahu kalo ampyang tuh khas salah tiga..
    temen saya ada yang dari sana..
    ntar klo dia mudik... nitip ahh

    ReplyDelete
  3. @ambarsari: loh? emang darimana ya? setauku itu makanan khas Salatiga deh mbak.. hehe :p
    @achyar nur andi: whehehehe :D silahkan mencoba! pasti ketagihan! ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

I'm in Korea. Of course, South Korea!

Road of Life

A Philosophy About Love and Flower